Cara mengatasi masalah Monitor mati tapi CPU menyala

Pada saat menyalakan komputer, kamu pasti menunggu monitor menyala sampai menunggu logo windows tampil, Tapi jika Monitor kamu mati apa yang kamu lakukan. Pasti bingung mau ngapain. Monitor merupakan bagian terpenting pada perangkat komputer. Monitor memiliki fungsi yang dapat menvisualisasikan apapun yang kita lakukan pada komputer.

Nah maka dari itu Monitor ini sangatlah penting bagi CPU untuk menampilkan visualisasi yang kita kerjakan. Kita harus sering melakukan perawatan pada perangkat apapun, terutama pada monitor ini. Monitor kotor juga akan mempengaruhi kinerjanya.

Nah ada masalah monitor ini membuat kita pusing membenahinya. Belum lagi kalo monitor rusak parah pasti langsung ke tempat service, itu juga biaya servicenya pastinya mahal, karena ada beberapa komponen monitor yang harus diganti. apalagi kalau kamu belum mampu membenahi sendiri, wah bikin pusing. Jika dilihat permasalahan penyebab komputer tidak tampil di layar monitor, kadang juga cpu nyala monitor mati keyboard mati, cpu nyala monitor mati, Monitor mati tapi CPU menyala, dan lain lain.

Tetapi yang paling sering adalah masalah pada pc nyala tapi monitor mati, masalah tersebut sebenarnya dapat diatasi dengan mudah, jika kamu tau bentuk masalah yang terjadi pada monitor. kamu tinggal bongkar sendiri dan benahi sendiri, tapi kamu perlu membaca dibawah ini supaya tahu tahap tahap. masalah apa saja yang terjadi jika pc nyala tapi monitor mati.

Maka dari itu yuk baca sampai selesai mengenai cara mengatasi komputer cpu hidup tapi monitor tidak menampilkan gambar. supaya kamu tahu masalah apa saja yang terjadi pada komputer kamu. langsung saja yuk simak berikut ulasannya.

Bagian luar monitor ini sangatlah penting, terutama pada


1. Power Switch berfungsi untuk melakukan menghidupkan dan mematikan monitor.
2. Power Indicator berfungsi untuk mengentahui keadaan monitor apakah sedang mati atau menyala.
3. Tombol Menu berfungsi untuk melakukan tombol pada fungsi sistem pada monitor, biasanya menu yang tampil pada monitor yaitu: Brightness Control, Contras Control, Horizontal Size, Veritical Size Control.

BACA JUGA: Tanpa Servise Komputer lakukan 5 tahap ini di jamin Ampuh

Nah itu bagian luar monitor yang penting harus diketahui. ini upaya mengetahui masalah yang terjadi pada monitor, apabila salah satu fungsi tidak bekerja bearti monitor tersebut mengalami masalah.

Bagian Dalam Monitor yang sangat penting


Di bagian dalam monitor memiliki peranan yang sangat penting untuk menvisualisasikan hasil dari
1. CPU. Nah didalam monitor, ada perangkat komponen yang sangat rumit dan rawan terjadinya kerusakan. Berikut ini beberapa bagian dalam monitor yang sangat penting:

2. Front Panel Display: dibagian ini memiliki fungsi menghasilkan cahaya putih ke seluruh permukaan LCD. Nah didalam terdapat Backlight dan diffuser yang berfungsi sebagai filter Backlight.

3. Inventer: Berfungsi untuk mengubah tenggang DC ke tenggang AC. Tenggangan dirubah sampai 12VDC menjadi 1000-4000 VAC.

4. TCON FRC Board: sebetulnya LCD didalamnya terdapat banyak elemen atau pixel. Nah setiap pixel ada transistor yang berfungsi sebagi menyalakan dan mematikan pada pixel. sedangkan TCON atau disebut FRC memiliki fungsi untuk mengontrol pada penyalaan Pixel tersebut. Nah nantinya pixel ini akan menonaktifkan atau mengaktifkan kondisi menyala.

5. Mainboard : tidak hanya cpu yang sebagai otak dalam komputer, tetapi Di monitor juga mainboard yang berfungsi sebagai otak yang mengelolah proses semua kode dan sinyal.

6. Scaler : ini berfungsi untuk mengubah sinyal RGB analog menjadi digital.

7. Power supply: Nah dibagian ini berfungsi untuk memberikan tegangan pada monitor. tenggangan yang dikeluarkan sebanyak 12v dan 5v

BACA JUGA: Cara agar PC Windows Tetap Ngebut dan tanpa lemot

Penyebab Komputer tidak tampil di Layar monitor Tapi CPU menyala



Nah selanjutnya masuk ketahap pendiagnosis masalah pada komputer tidak tampil di layar monitor. maka dari itu kita harus menganalisis bagian mana yang membuat monitor mati total. nah berikut cara memperbaiki cpu yang hidup tapi layarnya mati

1. Kerusakan RAM Troubel

Nah yang paling sering terjadinya Jika komputer CPU hidup tetapi layar monitor tidak tampil atau tidak menyala dan menyeluarkan suara beep panjang, itu bearti ada masalah di RAM. Memori RAM yang mengalami kerusakan akan mengakibatkan keadaan monitor tidak berfungsi atau tidak menyala. Perlu kamu coba, dengan mengeluarkan RAM lama ganti RAM yang baru, lalu tacapkan ke slot RAM yang tersedia.

Tetapi jika RAM masih bisa digunakan tetapi kondisinya berdebu sebaiknya bersihkan. Karena RAM yang berdebu juga akan menghambat kinjera pada CPU dan bila RAM tidak terdeteksi akan menimbulkan suara beep yang panjang.

BACA JUGA: Cara Memperbaiki Keyboard yang Rusak pada Laptop

2. Cek Kondisi VGA

untuk segala hal dalam menampilkan hasil visualisasi di tampilkan oleh VGA. Bila VGA mengalami kerusakan pastinya akan sulit tersambung pada monitor. dan menyebabkan monitor tidak tampil sebagaimana mestinya.

Nah sebaiknya yang kamu lakukan. Cek VGA, lalu lepaskan VGA dari slot, apabila VGA yang sudah rusak sebaiknya coba ganti dengan VGA yang baru, atau apabila kondisi VGA yang berdebu sebaiknya bersihkan dengan kuas, lalu pada kuningannya bersihkan dengan penghapus. setelah itu masukan lagi VGA ke slot yang sudah tersedia, lakukan pengecekan. apabila monitor menyala bearti slot pada VGA anda terkena debu.

3. Cek Kondisi Baterai Motherboard

Meskipun hal ini tidak sering terjadi, tetapi bisa juga akan menimbulkan masalah Monitor mati CPU menyala. ini disebabkan Baterai Motherboard yang tidak aktif atau cek kebersihan pada baterai, karena ini juga penting dalam pengoperasi kinerja CPU dalam menampilkan hasil atau proses kinerja CPU itu sendiri.

apabila Baterai Motherboard sudah rusak sebaiknya diganti dengan yang baru. dengan mengganti baterai Motherboard akan mengembalikan monitor mati menjadi hidup kembali.

4. Cek Kondisi Processor 

apabila cpu yang hidup tapi layarnya mati bisa juga ada masalah di Processor. Nah maka dari itu sebaiknya lakukan pengecekan pada Processor secara rutin. Processor yang rusak sering ada debu yang masuk, sehingga monitor bisa tidak tampil.

Nah jika processor anda rusak total, sebaiknya ganti CPU yang baru. Karena Processor sendiri adalah otak dalam proses pengolahan data. jika processor rusak itu berarti mengganti semua yang ada di dalam CPU. tetapi tidak bagi harddisk, RAM, VGA dan lain lain. maka dari itu, sebaiknya bersihkan CPU secara berkala dan cek Processor apakah bersih dengan optimal.

5. Periksa kipas pada Headsink atau Fan

headsink atau fan ini beroperasi pada kinjera komputer teutama pada layar komputer yang sedang beroperasi. Langkah yang lakukan periksa Fan apakah sudah kondisi dengan baik, atau fan pada kipas sudah bekerja dengan optimal. jika ada debu pada Fan sebaiknya bersihkan dengan kuas atau pakai alat penyedot debu. supaya debu didalam FAN dapat optimal kembali.

0 Response to "Cara mengatasi masalah Monitor mati tapi CPU menyala"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel