10 Plugin Visual Studio Code yang Wajib Dipasang dan Sangat Populer untuk Pemula


Mungkin saat ini masih belum begitu banyak orang yang memahami dunia percodingan, sebab jika tidak memiliki otak yang cukup pintar biasanya akan susah memahaminya. Plugin atau ada yang menyebutnya sebagai extensi sangat penting dalam dunia coding akan pekerjaan Anda lebih mudah.
Saat ini banyak para programer yang menggunakan Visual Studio Code dalam proyek yang mereka kerjakan. Mungkin Anda bertanya apakah penting menggunakan plugin pada software ini ? Tentu saja sangat penting, agar proyek Anda lebih mudah dan cepat selesai.

Plugin-Visual-Studio-Code-yang-Wajib-Dipasang

Plugin Visual Studio Code yang Wajib Dipasang

Seperti yang telah saya katakan di atas, agar pekerjaan Anda lebih mudah dan cepat selesai mungkin wajib mencoba plugin atau extensi Visual Studio Code di bawah ini:

1. Open in Browser 

Plugin open in browser merupakan sebuah extension salah satu fitur yang ada di  sublime text. Dalam hal ini jika Anda membuat sebuah halaman html di sublime text. Dan untuk menampilkan nya di browser disini Anda hanya perlu klik kanan open in browser. Dan perlu Anda ketahuia di dalam  Visual Studio code, belum ada fitur seperti itu jadi ini plugin ini cocok untuk Anda yang main sublime text dan ingin mencoba Visual Studio Code.

2. Auto rename tag

Plugin Auto rename tag akan sangat membantu kala Anda ingin mengganti sebuah tag, sepertinya  ada tag <h1>Heading</h1> dan Anda ganti tag <h1></h1> nya menjadi tag <h2></h2>. Disini Anda  hanya perlu mengganti tag <h1> yang di depan nya saja serta langsung penutup tag nya akan otomatis terganti tag nya sesuai dengan yang Anda ganti tadi.

3. Intellisense for css classnames 

Plugin Intellisense for css classnames akan sangat membantu Anda yang menggunakan framework bootstrap. Dalam hal ini Anda dapat melihat ada kelas apa saja yang ada dialam file css yang telah Ana panggil, selain itu Anda juga dapat melihat file yang ada di class tersebut.

BACA JUGA: 5 Situs Belajar Coding secara online, sangat mudah dipahami

4. Live Server

Plugin Live Server merupakan extension  yang tidak hanya menampilkan website Anda akan menjadi lebih mudah. Namun, jika biasanya Anda melakukan edit website, disni harus Anda dapat tekan Alt + tab untuk berpindah dari text editor dengan web tampilan jadi. Perlu Anda ketahui dengan adanya extension ini, tidak perlu untuk me-reload lagi.

5. Sublime Text Keymap and Settings Importer 

Plugin ini merupakan sebuah extension untuk Anda yang sebelumnya pengguna sublime text , extension yang satu ini sangat bermanfaat karena Shortcut nya sama seperti yang ada pada sublime text. Misalkan saja Anda ingin menampilkan dan menghilangkan sidebar seperti yang ada pada sublime text, maka Anda hanya ketik perintah di keyboard dengan menekan ( Ctrl + K + B ) saja.

6. PHP IntelliSense

Plugin ini merupakan salah satu extension yang dikhususkan untuk PHP saat Anda mengetik sesuatu sintaks php akan keluar auto complete nya. Namun Anda perlu mengetahui bahwa didalam Visual Studio Code ini telah  ada intelliSense-nya, tapi untuk PHP kurang lengkap. So, apabila Anda ingin yang lebih lengkap lebih baik install ekstension ini.

BACA JUGA: Belajar HTML lengkap Tahap 2: Struktur Dasar HTML

7. One Dark Pro

Plugin ini sebenarnya merupakan tema yang paling populer digunakan. Sama seperti halnya atom yang skema warnanya itu banyak banget yang suka bukan extension. Yang berarti Anda bisa install tema atom itu kedalam Visual Studio Code secara langsung.

8. Indent rainbow

Plugin ini sangat membantu ketika Anda ingin membuat sebuah halaman dimana terdapat banyak <div></div>. Misalkan saja Anda ingin menggunakan bootstrap mau membuat NAVBAR, biasnaya Anda harus meng-copy ke dalam body. Dan pas di paste tab nya ngacak Anda pasti akan bingung walaupun sudah ada bantuan visual berupa garis garis vertikal. Nah, dengan Anda menggunakan plugin indent rainbow ini, saat ini ada warnanya jadi Anda dapat melihat tutupnya ada dimana.

9. Bracket Pair Colorizer

Plugin ini mungkin bisa kita katakan sama dengan indent rainbow, namun ini memakai kurung kurawal (). Misalkan saja Anda ngoding menggunakan PHP atau JS kadang kala banyak kurung kurawal yang Anda lupa buka nya dimana tutup nya dimana, nah dengan  Anda memakai extention ini, Anda akan mewarnai kurung kurawal-nya. Dan lebih dan keren-nya lagi apabila di klik salah satu kurung kurawalnya dia akan secara langsung memperlihatkan garis ke arah penutup kurung kurawal tersebut, hebat bukan ?

10. Beautify

Plugin yang satu ini cukup keren untuk membantu formating codingan Anda. Misalkan saja Anda copy script bootstrap ke coding dan saat liat indentasinya pasti berantakan bukan ? jadi biasanya harus di format manual. Dengan Anda menggunakan ekstension yang satu ini, Anda nanti akan secara otomatis formatkan atau formatnya bisa dibikin sendiri.

0 Response to "10 Plugin Visual Studio Code yang Wajib Dipasang dan Sangat Populer untuk Pemula"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel