Definisi Sorting dalam Konsep Struktur data Program C++

Definisi Sorting dalam Konsep Struktur data Program C++

Pultiopok.com - Pengurutan data (Sorting) merupakan cara kerja mengontrol sekumpulan obyek berdasarkan urutan atau susunan tertentu. Urutan Objeck tersebut dapat menaik (Ascending) Yaitu urutan objek yang disusun mulai dari Nilai terkecil hingga tersebsar atau menurun (Descending), Yaitu urutan objek yang disusun mulai dari nilai terbesar hingga terkecil. Jika N buah objeck atau data di simpan di dalam Array Nilai, Maka penguruan menaik bearti menyusun elemen array sedemikian Hingga.

NILAI[0]<NILAI[1]<NILAI[2]>...>NILAI[N-1]

Sedangkan pengurutan menurun bearti menyusun elemn array sedemikian hingga.

NILAI[0]>NILAI[1]>NILAI[2]>...>NILAI[N-1]

BACA JUGA: Algorithms & Implementation of Buble Sort in C / C ++ Language

Data yang diurut dapat berupa bertipe data dasar atau tipe bentukan. jika data bertipe bentukan (struktur), maka Harus disebutkan berdasarkan field apa dan tersebut akan diurutkan.

Sama Halnya dengan pencarian,

Pengurutan juga dibedakan menjadi dua Kelompok Yaitu:

1. Pengurutan Internal, Yaitu pengurutan terhadap sekumpulan data yang disimpan di dalam memori komputer. Umumnya struktur internal yang pakai untuk pengurutan ini adalah Array, Sehingga pengurutan internal disebut juga dengan pengurutan array.

2. Pengurutan Eksternal, Yaitu Pengurutan data yang disimpan di dalam memori sekunder. Biasanya data dengan berjumlah besar sehingga tidak mampu dimuat semuanya dalam memori komputer. Struktur eksternal yang dipakai adalah Arsip (File), Maka pengurutan ini juga sering disebut dengan pengurutan Arsip.

BACA JUGA: Pembelajaran Seleksi Kondisi Programing C++

Sebab ketika pengaksesan daya ingat utama lebih kencang dari pada pengakses daya ingat sekunder, karenanya pengurutan internal lebih kencang dibanding dengan pengurutan eksternal.

Berikut beberapa Metode yang dapat digunakan untuk pengurutan data antara lain:

1. Bubble Sort
2.Selection Sort
3. Quick Sort
4. Merge Sort
5. Heap Sort
6. Shell Sort
7. Radix Sort
8. Tree Sort
9. Maximum Sort
10. Insertion Sort

Banyak metode cara pengurutan yang tersedia menimbulakan pertanyaan: Algoritma manakah yang memiliki kenerja yang baik? kinerja pengurutan data sangat menentukan kinerja sistem, karena itu pemilihan metode pengurutan yang cocok akan berperan dalam suatu aplikasi. dalam buku ini, metode pengurutan yang akan dibahasa adalah metode pengurutan Bubble Sort, Quick Sort, Maximum/ minimum Sort, Shell sort, Merge Sort, dan Insert Sort

Jadi nantikan Next Pembahasan mengenai Belajar bahasa Program C++ yaitu Bubble Sort 

0 Response to "Definisi Sorting dalam Konsep Struktur data Program C++"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel