Analisa Ternak Ayam Potong 100 Ekor yang menjanjikan


Analisa Ternak Ayam Potong 100 Ekor - kamu tahukan masyarakat indonesia umumnya suka makanan yang berdaging seperti ayam potong. 

Itu karena masyarakat indonesia tahu bahwa mengkonsumsi daging ayam memberikan manfaat bagi kesehatan. 

Nah manfaat mengkonsumsi daging ayam yaitu dapat menurunkan berat badan, menyehatkan tulang, dan dapat meningkatkan jumlah protein, fikiran aktif dan tenang, mempercepat pertumbuhan anak, dan masih banyk lagi. 

Dipostingan kali ini saya tidak membahas masalah manfaat daging ayam. namun kali ini saya membahas tentang analisa Ternak Ayam Potong. untuk kamu yang bisnis peternakan ayam broiler kita ulas dulu analisa modal dan keuntungan yang diperoleh, yuk kita baca artikel dibawah ini. 

Apa itu itu Ayam Potong

Ayam potong bisa disebut juga dengan ayam Boiler. Ayam potong merupakan jenis ras ayam daging, hanya saja penamaannya saja yang berbeda. 

Kenapa disebut ayam potong karena jenis Ayam ini seringkali dipotong atau disembelih dulu, kemudian baru diperjual belikan lalu dapat dikonsumsi kepada masyarakat.


Keuntungan Jual Ayam Potong

Saya contohkan dalam Bisnis Ayam Potong untuk mendapatkan keuntungannya, mari kita bahas kira kira yang didapatkan ayam potong oleh IBU ini. 

Ibu saya biasanya menjual ayam potong sebanyak 150 ekor, itu perharinya. dengan berat ayam rata rata 2 kg. kemudian ibu saya membeli ayam hidup di peternakan harganya Rp. 25.000/kg sehingga ibu saya mengeluarkan uang sebanyak Rp. 7,5 Juta.

Selanjutnya proses penyembelihan ayam, dan dibutuhkan 5 orang untuk melakukan pembersihan ayam, mulai dari bulu dan kotoran. sehingga menyusut sampai 50 kg dan menyisahkan 250 kg ayam bersih. jadi harga jual ayam potong bersih sekitar Rp. 35.000.

Bila semua terjual maka akan mendapatkan keuntungan uang sebesar Rp. 8,75 Juta. untuk keuntungan kotornya sebesar Rp 1,25 Juta. jika dikurangi untuk biaya produksi untuk gaji karyawan dan lain sebagainya kita anggap tersisa 1 juta rupiah. jadi bila ayam potong terjual semua untuk keuntungan bersihnya dalam sebulan yakni 30 hari, maka ibu mendapatkan 30 juta perbulan.


Analisa Modal Usaha Ternak Ayam Potong 100 Ekor


Modal Tetap

  • Kandang Ayam Ukuran 2x2m Rp.400.000,-
  • Tempat Pakan Ayam Rp.8.000 x 8 buah = Rp.64.000,-
  • Tempat Minum Ayam Rp. 11.000 x 8 buah = Rp.88.000,-
  • Lampu Kandangan Rp. 6.000 x 2 buah = Rp.12.000,-
  • Total Modal Tetap = Rp.564.000,-

Biaya Operasional 

  • Beli Bibit Ayam Potong 100 ekor x 7.000 = Rp.700.000,-
  • Beli Konsentrat  2 Karung isi 50kg = Rp. 900.000,-
  • Beli Obat-obatan Rp.120.000,- 
  • Biaya listrik =  Rp.100.000,-
  • Total Biaya Operasional = Rp.1.820.000,-

Biaya Penyusutan

peralatan serta kandang untuk pemakaian selama 1 tahun Rp.250.000,-

Rumus menghitung Modal Usaha Ternak Ayam Potong : 

  • Total Modal Tetap Rp.564.000,-
  • Total Biaya Operasional Rp.1.820.000,-
  • Total Biaya penyusutan Rp.250.000,-
  • Total Modal Usaha Rp.564.000 + Rp.1.820.000 + Rp.250.000 = Rp.2.634.000,-

Jadi modal usaha yang dibutuhkan untuk membuat usaha ternak ayam potong untuk 100 ekor yakni Rp. 2.634.000

Panduan Ternak Ayam Potong yang Sukses

Saya ingatkan dulu, untuk bisnis dengan makhluk hidup seperti ayam potong ini tidak boleh sembarangan. karena ada yang perlu diperhatikan untuk usaha ternak ayam potong ini, yakni harus menganalisa dulu dan melihat keuntungan yang didapat. 

Bila anda sudah mengetahuinya tersebut maka kita lanjutkan untuk bisnis ayam potong, agar menghasilkan keuntungan yang lebih maksimal. berikut panduan untuk ternak ayam potong.


1. Tentukan Lokasi Kandangan

Kandang ayam potong adalah komponen utama untuk harus dipersiapkan. kita harus memastikan lokasi kandangan yang cocok untuk usaha kedepannya. Kandang ayam potong biasa ada 2 tipe yaitu tipe panggung dan melantai atau bisa juga litter.

Nah kedua kandangan tersebut memiliki kelebihan dan kekuranganya masing masing. untuk kandangan tipe panggung ini lebih bersih, itu karena kotoran ayam langsung jatuh ke tanah. 

Namun pembuatan kandang panggung ini lebih susah dan membutuhkan biaya mahal. dibandingkan dengan kandang tipe melantai lebih simple dan proses perawatannya lebih kompleks


2. Memilih Bibit Ayam

Pemilihan bibit ayam juga harus diperhatikan, apalagi anda ingin berbisnis ternak ayam potong maka harus mengetahui bibit ayam potong yang bagus seperti apa. dan jangan sampai salah memilih bibit ayam potong, agar tidak merugi dikemudian hari

Pilihlah bibit juga akan berpengaruh dalam bisnis ternak ayam potong. melihat modal biaya bibit ayam potong, memiliki beban kurang lebih 20% dari biaya pakan dan lain sebagainya.

Dan untuk bibit lebih dari 60% dalam usaha ayam potong ini. perlu dipertimbangkan dan perlu pemeliharaan yang anda jalani nantinya. 

Berikut ini adalah ciri ciri bibit ayam potong yang bagus untuk beternak ayam potong:

  • Pilihlah ayam per ekornya minim 37 gram.
  • Cek kondisi ayam, pastikan sehat dan tidak kelainan
  • Warna bulu ayam juga seragam dan kering
  • Ada jaminan DOC maksimal 2%


3. Pakan untuk Peternakan Ayam Potong

Pakan juga merupakan poin penting untuk bisnis ternak ayam potong. kunci utama untuk sukses peternakan ayam potong yakni harus mengetahui pakan ayam potong. kemudian pemberikan vaksin dan vitamin. bila salah memberikan pakan ayam, maka akan tidak akan produktif. 

Ayam yang bertambah bobotnya dan dagingnya juga bertambah, itu dikarenakan diberi nutrisi pakan yang tercukupi. jadi jangan berikan pakan sembarang, dan jangan lupa perhatikan kandungan nutrisinya. 

Nutrisi untuk ayam potong supaya bertambah bobotnya yakni tepung, pelet, crumbles, dan pakan dari pabrik yang terjamin kualitasnya. Biasanya pakan yang berkualitas sudah mengandung karbohidrat, Vitamin, lemak, dan protein. 


4. Berikan Vaksin Berkualitas

Selanjutnya vaksin untuk beternak ayam potong yang sangat penting untuk perkembangan usaha anda. pemberian vaksin pada ayam biasanya dilakukan dua kali dalam satu kali periode pemeliharaan. pemberian vaksin ketika ayam sudah berumur 4-5 hari, dan untuk umur 21 hari.

Vaksinasi adalah salah satu cara awal untuk pencegahan serangan penyakit kepada ayam potong. dengan pemberian vaksinasi maka akan mampu menguatkan daya tubuh ayam potong, sehingga dengan ini ayam potong akan terhindari dari penyakit.

Nah dalam pemberian vaksin, ada dua cara pemberian vaksin yang bisa dilakukan, namun caranya berbeda. cara pertama Vaksin bisa diberikan melalui tetes mata. sedangkan cara kedua bisa dilakukan dengan cara menyuntiknya ke bagian dada ayam.


5. Pemeliharaan Ternak Ayam Broiler

Nah setelah semua telah dilakukan, maka bagian untuk proses pemeliharaan Ayam Broiler. pemeliharaan ayam harus diperhatikan setiap waktu.

Biasanya bibit ayam baru datang, kondisinya masih lemas. itu karena saat diperjalanan ayam masih capek, apalagi bila perjalanan jauh. untuk mengembalikan kondisi ayam, maka diperlukan vitamin seperti Viterna Plus agar kembali menjadi segar dan bugar.

Pemberian pakan ayam potong cukup ditaburkan pada lantai kandang. namun sebelum diberikan pakan siapkan dulu alas pada lantai. alas tersebut bisa berupa koran, kertas, ataupun karton. kemudian untuk mengganti alasnya bila sudah kotor bisa diganti 3 hari sekali, atau bila dirasa sudah basah dan lebab, silahkan ganti

0 Response to " Analisa Ternak Ayam Potong 100 Ekor yang menjanjikan"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel